Sederet Manfaat Ngopi, Diminum Prabowo di Sela-sela Pidato
GH News August 14, 2026 02:08 PM
Daftar Isi
Jakarta -

Presiden Prabowo Subianto mendadak meminta izin sejenak berhenti berpidato untuk meminum kopi.

Hal ini ia lakukan saat pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD RI 2026 di Jakarta, Jumat (14/8/2026).

"Saya mohon izin. Memang kopi Indonesia yang terbaik. Daerah-daerah penghasil kopi, pasti mendukung saya," kata Prabowo.

Manfaat Kopi

Kopi diketahui mampu mengusir rasa kantuk, juga meningkatkan hormon dopamin dan norepinefrin yang membuat tubuh terasa lebih bertenaga, fokus, dan bersemangat.

Selain itu, rutin mengonsumsi kopi hitam tanpa campuran krimer atau gula ternyata dapat membantu seseorang mendapatkan umur panjang.

Dikutip dari Very Well Health, sebuah studi dipublikasikan dalam The Journal of Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi setidaknya satu cangkir kopi berkafein setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat semua penyebab (all-cause mortality) dan kematian akibat penyakit kardiovaskular sebesar 16%.

Dalam studi tersebut juga dilaporkan bahwa seseorang yang mengonsumsi dua hingga tiga cangkir mengurangi risiko sebesar 17%.

Para peneliti juga menemukan bahwa mengonsumsi kopi hitam dan kopi dengan kadar gula dan lemak jenuh tambahan yang rendah dikaitkan dengan risiko kematian akibat semua penyebab yang 14% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kopi.

© Copyright @2026 LIDEA. All Rights Reserved.